Kamis, 04 Maret 2010

MEMBUAT TEMBAT BUDIDAYA LELE

Pada dasarnnya pembudidayaannya mudah, tapi bagai mana cara kita untuk menjalankannya.
Yang kita perlukan adalah :
1.tanah seluas 3x4 meter,
2.terpal dengan ukuran 3,5x4,5 meter, dan
3.jaring-jaring.
carannya sangat mudah, tapi pada saat pembuatan kolam itu sangat membutuhkan tenaga ekstra, kareana kita harus menggali lahan yang kita mau buat sebagai kolam budiadaya ini sedalam 50-60cm, ada juga cara mudahnnya, kita bisa memberikan patokan tanah untuk kolam tersebut, degan cara menguruk tanah setinggi 50-60cm. Setelah itu kita pasang terpal sampai memenutupi tanah yang kita sudah gali atau uruk tadi, pastikan disetiap siku dan sisi terpal diikat dengna tali atau kawat ke pohon-pohon atau kekayu yang kita tancapkan ketanah sebagai pondasi ikatan, agar tampak seperti kolam. Selanjutnnya pasangkan jaring-jaring yang berlubang kecil mengelilingi kolam, aga pasa saat air meluap pada saat hujam, ikan tidak akan keluar, ini hannya sebagai antisipasi saja bila terjadi demikian.
Setelah kolam sudah jadi,tinggal megisinnya dengan air hujan atau air keran, tergantung keadaan aja.
Diamkan air dalam kolam selama 2-3 hari agar air bisa menetralisir keadaan kolam tersebut, setelah itu baru kita masukan bibit lele, tetapi pada saat memasukan bibit lele jangan terlalu banyak, takutnnya nanti ada hal yang tidak kita inginkan terjadi, misalnnya bibit mati karena terlalu bannya ikan lain.
Dan pada saat pemberian pakan juga jangan sembaranngn, ada penghitungan perkilonnya tapi itu tergantung berapa bannyak ikan/bibit yang ada didalam kolam budiaya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar